BERINGIN PONCO POHON KEHIDUPAN



















oleh :

MAGHOZIN THE LEADER

          Desa Suciharjo adalah desa yang berada di kecamatan parengan kabupaten tuban. Desa ini sama halnya dengan desa pada umumnya, terletak di bagian paling selatan dari kabupaten tuban. sehingga sangat jauh dari kota tuban yang posisinya berada di bagian paling utara tepatnya di pantai pantura.

                       
Telon Ponco merupakan jantung desa suciharjo. karena wilayahnya yang sangat setrategis. Pusat pemerintah desa juga berpusat di jantung desa, selain itu pasar yang merupakan media yang di pergunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhanya juga berada tepat di utaranya. selain itu banyak kita jumpai juga berbagai orang yang menjajakan berbagai jajanan di jantung desa mulai dari gorengan, nasi pecel, warkop wifi sampai aneka ragam makanan dari luar daerah bisa kita temukan di telon ponco. barangkali lebih tepatnya kita sebut desa dengan kaya akan keberagaman. 
Lepas dari itu semua. ada hal menarik yang luput dari pandangan orang - orang yang berlalu lalang di jantung desa. yaitu dengan adanya tumbuhan pohon beringin yang berdiri kokoh di tengah - tengah jantung desa. konon katanya,  pohon beringin tersebut sudah ada sejak berpuluh - puluh tahun silam atau lebih tepatnya pohon beringin tersebut merupakan saksi bisu akan asal muasal desa suciharjo.
.

Pohon beringin punya filosofi yang kokoh kuat dan mengayomi. Beringin tidak tumbuh ke atas namun tumbuhnya melebar, mengembang dan terkadang kembali ke bawah menjuntai . Itu juga berarti orang harus mengenal asal usulnya, darimana dia berasal. Pohon beringin selalu menjernihkan mata air yang ada di sekitarnya. Hal tersebut dapat dilihat dari struktur perakarannya yang dalam dan akar yang mencengkeram tanah dengan baik. Selain itu, jenis-jenis beringin memang diketahui sebagai habitat beberapa burung, reptilian, serangga dan mamalia yang mengkonsumsi buahnya. Jadi, dengan menanam beringin, secara tidak langsung juga akan memelihara fauna yang menjadikan beringin sebagai tempat hidupnya.


            Beringin merupakan tanaman yang memiliki kemampuan hidup dan beradaptasi dengan bagus pada berbagai kondisi lingkungan. Selain itu keberadaan tanaman beringin pada kawasan desa bisa dijadikan sebagai sara penghijauan desa. Beringin juga merupakan tanaman yang memiliki umur sangat tua, tanaman tersebut dapat hidup dalam waktu hingga ratusan tahun.

Pohon beringin sangat identik dengan segala sesuatu yang berbau mistis. Banyak orang menganggap pohon besar ini suci dan tempat kekuatan magis berkumpul. Tak jarang pula orang yang berpikir kalau lokasi di sekitar pohon beringin adalah tempat yang angker.


Oleh karena itu, kita dapat mengambil pelajaran hidup walau hanya dari sebuah pohon beringin. Karena alam adalah sumber ilmu baik ilmu terapan dan ilmu sosial lebih – lebih ilmu kemanusiaan.

Komentar

  1. Baccarat – Definition, Information, Rules, Variations and History
    The objective of Baccarat is to try to have the best possible game outcome possible, win at worrione any game, or win with the best 바카라 사이트 possible bets! 메리트 카지노 Learn more here.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bercermin dengan Lembayung Senja

SENSASI EKSTREM GOWES DI HUTAN PACING PARENGAN